Indikator Kerja dan Strategi Pencapaian

Home / Profil / Indikator Kerja dan Strategi Pencapaian

Sasaran, Strategi dan Indikator

No Sasaran Program Studi Strategi Indikator
1.1 Pengelolaan kegiatandan manajemen pembelajaran dan pendidikan bidang akuntansi berdasarkan prinsip penjaminan mutu dan terakreditasi A A. Mengembangkan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu, seperti kegiatan lokakarya, evaluasi kegiatan, dan penyesuaian akreditasi
  • Jumlah dosen yang telah mengikuti lokakarya penjaminan mutu pendidikan
  • Rapat koordinasi evaluasi belajar mengajar setiap akhir semester
B. Pembaharuan kurikulum setiap empat tahun Review kurikulum tahunan
C. Monitoring Pembelajaran Dosen mengajar sesuai RKPPS
1.2 80% lulusan mampu menyelesaikan masa studinya tepat waktu (8 (delapan) semester) dengan IPK di atas 3,25. A. Implementasi Strategi belajar Efektif
  • Memiliki panduang strategi belajar efektif
  • Jumlah mahasiswa yang mengikuti sosialisasi strategi belajar efektif
B. Mentoring untuk pengikatan efektifitas belajar Jumlah matakuliah utama perlu dilengkapi dengan mentoring
C. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu Jumlah mahasiswa yang memerlukan beasiswa menerima beasiswa
D. Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung efektifitas pembelajaran Tersedianya sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai
E Bimbingan penulisan skripsi yang terjadwal Updating SOP dan pedoman tugas akhir mahasiswa
  • Jumlah mahasiswa yang menyelesaikan skripsi dalam satu semester
  • Buku kendali bimbingan
  • Jadwal bimbingan tugas akhir persemester
  • Proses monitoring dan evaluasi tugas akhir
F. Mempercepat layanan administrasi terkait tugas akhir Jumlah tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan service excelence
G. Perwalian yang effektif Jadwal perwalian persemester
1.3 Penyelenggaraan Program studi yang terakreditas A. Melakukan berbagai kegiatan untuk pengembangan softskill yang sesuai dengan kebutuhan pasar Jumlah mahasiswa yang mengikuti aktifitas pengembangan softskill
B. Mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja melalui program pemagangan mahasiswa bekerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta/privat
  • Pedoman Magang
  • Jumlah mahasiswa yang mengikuti magang
C. Meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang akademik dan non akademik Jumlah mahasiswa yang berhasil mengikuti lomba karya tulis ilmiah, publikasi karya ilmiah populer, Mahasiswa berprestasi, lomba debat, baik dalam tingkat nasional maupun internasional
D. Membuka hubungan kerjasama dengan berbagai industri untuk membuka lebih luas peluang penyerapan lulusan di dunia kerja 10 MOU kerjasama rekruitment lulusan
E. Kerjasama dengan alumni untuk mempersiapkan lulusan memasuki dunia kerja Jumlah mahasiswa yang mengikuti workshop
1.4 Penyelenggaraan Program studi yang terakreditasi A. Good University Governence
  • Diperoleh Akreditasi A dari BAN-PT
  • Diperolehnya Akreditasi dari AACSB
  • Rekomendasi baik dari SPM dan SPI
  • Laporan Hasil Evaluasi Diri
2.1 Publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa sebagai hasil penelitian dalam jurnal internasional A. Intensifikasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa setiap semester yang bersifat kompetitif, universal, nasional, internasional, ataupun kegiatan penelitian mandiri
  • Persentase jumlah dosen mengikuti pelatihan proposal
  • Terlaksananaya lokakarya penyusunan payung penelitian
  • Persentase jumah dosen mengikuti FGD
  • Terlaksananya 12 kali PACS
  • Persentase dosen mengikuti konferensi internasional dalam dua tahun sekali
B. Melakukan pendampingan penulisan dan publikasi jurnal Persentase dosen mengikuti workshop publikasi jurnal
C. Memiliki jurnal terakreditasi Jumlah jurnal terakreditasi
D. Insentif penelitian
  • Persentase dosen mendapat insentif penelitian
  • Jumlah publikasi nasional penelitian yang dihasilkan pertahun
  • Jumlah publikasi internasional penelitian yang dihasilkan pertahun
2.2 Terbitnya buku ajar hasil karya ilmiah dosen A. Pelatihan penyusunan buku ajar Jumlah dosen mengikuti pelatihan penyusunan buku ajar
B. Memberikan insentif penerbitan buku ajar

Persentase dosen mendapat insentif buku ajar

Jumlah buku ajar yang dihasilkan

C. Menyelenggarakan kegiatan promosi buku ajar untuk meningkatkan kuantitas penyebaran buku dan promosi kepakaran dosen bersangkutan Jumlah kegiatan promosi buku ajar pertahun
3.1 PKM Mahasiswa dan Dosen A. Komunitas PKM mahasiswa dan dosen Prodi Akuntansi Terbentuknya komunitas PKM mahasiswa dan dosen prodi akuntansi
B. Penulisan proposal PKM Jumlah proposal PKM yang dihasilan
3.2 Terselenggaranya pusa konsultasi akuntansi dan keuangan bagi UMKM dan Korporasi Nasional A. Memiliki pusat konsultasi akuntansi dan keuangan online

Terbentuknya Pusat Konsultasi dan keuangan online

Jumlah UMKM yang mendapat pendampingan

4.1 diseminasi hasil penelitain
A. PACS (Padjadjaran accounting coloqium and Seminar) Jumlah Penyelenggaraan PACS dalam satu tahun
4.2 internasional join research A. Kerjasama internasional Jumlah joint riset internasional
4.3 Konferensi mahasiswa A. Internasional student confrence Penyelenggaraan PAW
5.1 kerjasama dengan perguruan tinggi mitra A. Kerjasama Pentahelix
  • Jumlah program double degree
  • Jumlah Mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar
  • Jumlah Mahasiswa Asing
  • Jumlah dosen tamu asing
  • Jumlah dosen yang diundang oleh universitas mitra
  • Terbentuknya ASEAN
    ACCOUNTING EDUCATION
    WORKGROUP (AAEW )
5.2 Kerjasama dengan mitra
Bisnis
A. Kerjasama Pentahelix
  • Jumlah mahasiswa yang diterima
    melalui kampus rekrutmen
  • Jumlah bantuan saran dan prasaran yang diterima
  • Jumlah mahasiswa penerima beasiswa
5.3 Kerjasama dengan regulator A. Kerjasama Pentahelix Jumlah Peserta test CPA
  • Dana penelitian dosen jumlah dosen mendapat beasiswa studi lanjut
  • jumlah dosen mengikuti PPL
    Kurikulum Berbasis KKNI dan IES
5.4 Kerjasama dengan media A. Kerjasama Pentahelix persentase kegiatan yang diliput
media
jumlah kegiatan yang bekerjasama dengan media
5.5 Kerjasama dengan komunitas dan alumni A. Kerjasama Pentahelix
  • Jumlah training idustrial knowledge
  • Jumlah Bantuan sarana dan prasarana pembelajaran
  • Jumlah dosen tamu

  Strategi Pencapaian

Pencapaian strategi di atas dilakukan dalam periode tahun 2011-2016, dengan melalui tahapan pencapaian sebagai berikut:

  1. Pencapaian sasaran pada poin 1.1 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Mengembangkan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu, seperti kegiatan lokakarya, evaluasi kegiatan, dan penyesuaian akreditasi
    B. Pembaharuan kurikulum setiap empat tahun.
    C. Monitoring kegiatan pembelajaran
  2. Pencapaian sasaran pada poin 1.2 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Implementasi Strategi belajar Efekti
    B. Mentoring untuk peningkatan effektifitas belajar
    C. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang kurang

    D. Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung effektifitas pembelajaran
    E. Bimbingan penulisan skripsi yang terjadwal Updating SOP dan pedoman tugas akhir mahasiswa
    F. Mempercepat layanan administrasi terkait tugas akhir
    G. Perwalian yang effektif
  3. Pencapaian sasaran pada poin 1.3 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Melakukan bebagai kegiatan untuk pengembangan softskill yang sesuai dengan kebutuhan pasar
    B. Mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja melalui program pemagangan mahasiswa bekerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta/privat;
    C. Meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang akademik dan non-akademik
    D. Membuka hubungan kerjasama dengan berbagai Industri untuk membuka lebih luas peluang penyerapan lulusan di dunia kerja
    E. Kerjasama dengan alumni untuk mempersiapkan calon lulusan memasuki dunia kerja
  4. Pencapaian sasaran pada poin 1.4 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Good University Governance
  5. Pencapaian sasaran pada poin 2.1 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Intensifikasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa setiap semester yang bersifat kompetitif universitas, nasional,internasional ataupun kegiatan penelitian mandiri
    B. Melakukan pendampingan penulisan dan publikasi jurnal
    C. Memiliki jurnal terakreditasi
    D. Insentif penelitian
  6. Pencapaian sasaran pada poin 2.2 dilakukan melalui langkah sebagai berikut:
    A. pelatihan penyusunan buku ajar
    B. Memberikan insentif penerbitan buku ajar; dan
    C. Menyelengarakan kegiatan promosi buku ajar untuk meningkatkan kuantitas penyebaran buku dan promosi kepakaran dosen yang bersangkutan.
  7. Pencapaian sasaran pada poin 3.1 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Komunitas PKM mahasiswa dan dosen Prodi Akuntansi
    B. Penulisan Proposal PKM
  8. Pencapaian sasaran pada poin 3.2 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Penyelenggaraan PACS setiap 1 bulan sekali.
  9. Pencapaian sasaran pada poin 3.2 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Memiliki pusat konsultasi akuntansi dan keuangan online
  10. Pencapaian sasaran pada poin 4.1 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. PACS (Padjadjaran accounting coloqium and seminar)
  11. Pencapaian sasaran pada poin 4.2 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Kerjasama internasional
  12. Pencapaian sasaran pada poin 4.3 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Internasional student confrence
  13. Pencapaian sasaran pada poin 5.1 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Melaksanakan Pentahelix dengan Perguruan tinggi mitra
  14. Pencapaian sasaran pada poin 5.2 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Melaksanakan Pentahelix Mitra Bisnis
  15. Pencapaian sasaran pada poin 5.3 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Melaksanakan Pentahelix dengan Perguruan tinggi mitra:
  16. Pencapaian sasaran pada poin 5.4 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Melaksanakan Pentahelix dengan Regulator:
  17. Pencapaian sasaran pada poin 5.5 dilakukan melalui langkah-langkah:
    A. Melaksanakan Pentahelix dengan Komunitas dan alumni