KREDO

Home / Profil / KREDO

ACCOUNTING UNPAD FOR SOCIETY: TRUSTED, LEADING, HUMANE

Kami berkomitmen untuk mendedikasikan semua aktivitas akademik dan profesional kami demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang adil, mampu berdiri tegak sejajar dengan bangsa-bangsa lain, dan diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.

Tanggung jawab pertama kami adalah kepada para mahasiswa. Mereka berhak untuk memperoleh layanan pendidikan dengan kualitas terbaik yang dapat ditawarkan di Indonesia. Mereka harus memperoleh kesempatan yang sama untuk menggunakan atmosfer akademik, segala fasilitas dan lingkungan sosial di kampus guna mengembangkan kualitas diri mereka secara optimal sebagai manusia, calon sarjana ekonomi dan calon akuntan profesional.

Tanggung jawab kami berikutnya adalah kepada para dosen. Setiap dosen sepatutnya difasilitasi untuk dapat mengembangkan kualifikasi akademik hingga memperoleh gelar doktor dan jabatan guru besar. Setiap dosen berhak dibantu untuk mengaktualisasikan dirinya dalam melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan keunggulan kompetitif yang tinggi di Indonesia dan dapat memperoleh pengakuan internasional dalam bidang keahliannya.

Partisipasi alumni adalah fondasi penting kemajuan Program studi Akuntansi FE UNPAD. Tanggung jawab kami kepada para alumni adalah: menyediakan kesempatan yang luas kepada alumni untuk berkontribusi dalam proses akademik di kampus, membantu mereka untuk dapat optimal melakukan peran sosialnya ditempat kerja dan di masyarakat sehingga secara efektif dapat mencapai puncak karir dan memperoleh pengakuan dan penghormatan sosial di masyarakat. Para alumni juga berhak untuk memperoleh saluran komunikasi dalam menyampaikan kritik dan masukan demi kemajuan program studi.

Tanggung jawab kami selanjutnya adalah kepada perusahaan dan organisasi yang menjadi partner kerjasama kami dan atau menyerap lulusan kami untuk bekerja dan berkarir ditempatnya. Mereka selayaknya memperoleh jaminan mutu dari lulusan yang kami hasilkan. Mereka berhak untuk diberikan kesempatan luas dalam melakukan investasi sumber daya insani bersama-sama kami dalam proses akademik di Program studi dengan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan, menyampaikan berbagai peluang karir di tempatnya dan membagi pengalaman organisasinya. Bila diminta mereka, kami juga terpanggil untuk memberikan alternatif solusi secara akademik dan profesional terhadap permasalahan yang mereka hadapi dalam internal organisasinya.

Tanggung jawab kami yang terpenting adalah kepada masyarakat Indonesia. Kami berkomitmen untuk ikut serta secara aktif memecahkan masalah kronis korupsi, misgovernance, kemiskinan dan ketidakadilan sosial. Komitmen tersebut kami aktualisasikan dalam penetapan standar kompetensi lulusan, strategi kurikulum, metode pembelajaran, dan aktifitas riset kami. Melalui kiprah para dosen dan mahasiswa kami di organisasi profesi, kami juga berkehendak untuk membina kesejahteraan dan iklim egaliter masyarakat dengan cara mengembangkan profesi akuntan dan kiprahnya di masyarakat. Secara ringkas, tanggung jawab kami kepada masyarakat adalah dengan tidak menambah masalah, melainkan memberi dan menjadi bagian dari solusi.

Untuk dapat memenuhi tanggung jawab kami tersebut diatas, kami akan melakukan perbaikan secara terus menerus proses internal yang meliputi: 1.Kualitas input dalam proses seleksi mahasiswa dan dosen, 2.Pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran serta 3. Atmosfer akademik yang bermutu.

Tiga identitas yang kami orientasikan menjadi jati diri kami adalah:

TRUSTED

kompeten, objektif, integritas profesional dan sosial yang tinggi, serta berpihak kepada kepentingan publik.

LEADING

Inovasi setiap saat, prakarsa yang aktif, jiwa optimis dan menjadi teladan.

HUMANE

Semangat memberi dan membagi, rendah hati, keseimbangan hidup dan relijius.